Intensive Organization Training 2022/2023

Intensive Organization Training adalah diklat anggota baru ESA yang dilakukan secara tatap muka selama dua hari di Gedung E 201-204 STKIP PGRI Jombang dan Gazebo Utama STKIP PGRI Jombang pada hari Sabtu tanggal 7-8 Januari 2023. Sabtu tanggal 7 Januari 2023 dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan check-in panitia dan dilanjutkan dengan check-in peserta pada pukul 07.30 WIB. Pembukaan acara dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB. Pada pembukaan ini, peserta dan panitia menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan menyanyikan lagu Mars STKIP PGRI Jombang. Setelah itu dilanjutkan sambutan Ketua Pelaksana, Ketua HMP ESA, Pembina HMP ESA dan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan di tutup dengan pembacaan doa. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan kontrak forum oleh panitia.

Dilanjutkan menampilkan yel-yel, dan pada pukul 09.30 memasuki materi pertama yaitu “What is ESA” oleh Ketua Umum HMP ESA Sulistiani Mashitoh. Kemudian, dilanjutkan materi kedua yaitu “Leadership” yang disampaikan oleh saudari Farah Nadhilah. Setelah penyampaian materi kedua, acara selanjutnya adalah ishoma (istirahat, sholat, dan makan) selama 90 menit sebelum menuju ke acara selanjutnya. Setelah ishoma, dilanjutkan dengan kegiatan selanjutnya yakni “Problem Solving” selama 90 menit dan dilanjutkan dengan ice breaking selama 10 menit. Pukul 14.40-15.40 memasuki kegiatan selanjutnya yakni penyampaian materi ke tiga yakni materi “Administrasi” yang akan disampaikan oleh Sekertaris Umum Berliana Ramadhania, dan dilanjutkan dengan ishoma selama 70 menit.

Kegiatan yang selanjutnya adalah penyampaian contoh pembuatan anggaran dana dan LPJ oleh Bendahara Umum Vina Vebriany pada pukul 16.30-17.00. Selanjutnya adalah pengenalan atribut peserta yang akan dilakukan selama 30 menit sebelum sholat maghrib, setelah itu istirahat untuk sholat maghrib selama 45 menit. Setelah itu, dilanjutkan dengan ice breaking lalu istirahat untuk sholat isya selama 45 menit. Setelah istirahat, kegiatan berikutnya adalah penyampaian materi ke-empat yaitu materi “Logo ESA” yang akan disampaikan oleh Rosy Junita Anggraini. Kegiatan tersebut berlangsung selama 30 menit. Setelah itu, pada pukul 19.45 sampai 22.00 adalah kegiatan sharing alumni dan pensi. Setelah itu peserta istirahat untuk tidur.

Pada tanggal 8 januari 2023 pukul 02.00 dini hari dilaksanakan kegiatan selanjutnya yakni jurit malam (problem solving) yang diadakan di lapangan tengah kampus selama 2 jam. Selanjutnya pada jam 04.00-05.30 kegiatannya adalah sholat dan bersih diri, dimana sholat dilaksanakan di masjid STKIP PGRI Jombang. Pagi hari pada pukul 05.30, dilaksanakan senam dan outbond selama 120 menit. Setelah outbond selesai, peserta dan panitia melakukan bersih diri dan makan yang dilaksanakan di gazebo utama STKIP PGRI Jombang selama 90 menit. Kegiatan ini ditutup dengan pengenalan panitia serta pembagian hadiah pada pukul 09.00- 09.40. Peserta dan panitia melakukan check-out pada pukul 09.40-10.00 di Gedung E-202.  

Dokumentasi

Pembukaan

Materi What is ESA?

Materi Leadership

Materi Administrasi

Materi About Logo ESA

Pentas Seni

Pengukuhan

Senam dan outbond

Penutupan

Admin ESA

Leave a Comment